Permainan Matematika : Tebak Angka

Share


Pada sebuah sesi pembelajaran seringkali dibutuhkan trik untuk memecah kebekuan atau kebosanan. Salah satunya adalah permainan sederhana.Permainan matematika yang kali ini akan dikenalkan adalah Permainan Tebak Angka. Permainan ini dapat dilakukan dalam kelompok ataupun perseorangan.

guessman Permainan Matematika: Tebak AngkaPada permainan ini, guru/fasilitator memikirkan sebuah angka rahasia yang harus ditebak oleh siswa. Angka ini hanya guru yang mengetahui. Ketika angka sudah ditentukan angka tersebut lalu dituliskan di kertas dan disembunyikan. Lalu guru membuka kesempatan siswa untuk menebak dengan memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya seputar angka tersebut. Berikan motivasi atau contoh pertanyaan, misalnya:

* Apakah angka tersebut berada di antara 1 sampai 100?
* Apakah angka tersebut berada di 3 digit?
* Apakah angka tersebut merupakan bilangan prima?
* Apakah angka tersebut habis dibagi 2?
* Dan sebagainya..

Jika siswa agak kesulitan setelah beberapa pertanyaan diajukan, berikan petunjuk singkat, misalnya:

* Angka ini berada di antara 100 sampai 200.
* Angka ini habis dibagi 6. dst

Semakin banyak pertanyaan dan jawaban tentang serba-serbi angka tersebut maka akan semakin mudah untuk ditebak. Jika ada siswa/kelompok yang sudah menebak dengan benar, tunjukkan kertas yang berisi angka rahasia tersebut.
Permainan ini cukup menantang karena siswa harus dapat berfikir dinamis untuk memberikan pertanyaan-pertanyaan seputar angka rahasia tersebut. Pertanyaan yang dapat ditanyakan juga tak terbatas serta menuntut kreatifitas.

Source: http://blog-apa-aja.blogspot.com/2010/03/permainan-matematika-tebak-angka.html

Share

Related Post

Copyright 2011 Looking News - Template by Kautau Dot Com