Bola yang pernah di pakai saat piala dunia

Share

Kalo di postingan yang lalu The Dot Blog! memposting tentang maskot piala dunia, sekarang The Dot Blog! akan memberikan postingan tentang bola yang pernah dipakai saat piala dunia!

Ga usah neko-neko lagi deh langsung aja liat di bawah.

1. Telstar (Meksiko, 1970)



Telstar disediakan oleh Adidas adalah pertandingan bola resmi Piala Dunia FIFA 1970 dan Piala Dunia FIFA 1974 diadakan di Meksiko dan Jerman Barat.
Itu dicat dengan panel hitam dan putih jadi lebih terlihat hitam-putih televisi. Nama Telstar (kependekan dari bintang televisi) yang pertama berasal dari satelit komunikasi, yang secara kasar berbentuk bola dan dihiasi dengan panel surya, yang agak mirip dalam penampilan dengan sepak bola.
Ini adalah pertama Piala Dunia bola untuk menggunakan ikosahedron dipotong atau Bucky bola untuk desain, yang terdiri dari 12 hitam bersegi lima dan 20 putih heksagonal panel, yang kemudian menjadi desain teratur bola. Bola tua yang terdiri dari kelompok-kelompok garis, mirip dengan konfigurasi modern voli.
Meskipun terbuat dari kulit, ia masih memiliki sifat tahan air relatif yang disediakan oleh lapisan durlast mengilap.
Yang Telstar dianggap sebagai sebuah desain klasik. Meskipun sebenarnya sebagian besar bola dalam menggunakan hari ini terlihat berbeda, penggambaran bola di gambar seperti buku-buku komik dan karikatur, serta imitasi dekoratif bola, biasanya masih dibuat di Telstar melihat, memberi kesaksian terhadap daya tarik abadi. Itu mungkin terinspirasi oleh balon tiup yang digunakan oleh NASA untuk pesawat mendarat di atas air (penceburan) di 60's.

2. Telstar Durlast (Jerman Barat, 1974)



Dua pertandingan bola adidas digunakan untuk Jerman '74. Telstar membuat penampilan ulangi dengan mengganti branding hitam baru yang sebelumnya branding emas. Adidas memperkenalkan sebuah baru semua versi putih bernama Adidas chili (setelah bola serba putih yang digunakan di Chili 62). Bahan-bahan dan teknik yang digunakan dalam Telstar dan Chile itu identik dengan yang digunakan empat tahun lalu.

3. Tango Durlast (Argentina, 1978)



Tango Durlast oleh Adidas adalah pertandingan bola resmi Piala Dunia FIFA 1978 di Argentina. Memperkenalkan desain baru yang akan digunakan untuk dua puluh tahun: Dua puluh panel identik dengan 'triad' menciptakan kesan dari 12 lingkaran. Itu adalah bola yang paling mahal dalam sejarah, pada waktu itu, dengan harga £ 50 tag. Seperti pendahulunya, Adidas Tango Durlast terbuat dari bahan kulit asli dan memamerkan Durlast Waterproofing coating mengilap.

4. Tango Espana (Spanyol, 1982)



Tango España oleh Adidas adalah pertandingan bola resmi Piala Dunia FIFA 1982 di Spanyol. The Tango España telah meningkatkan kualitas tahan air melalui jahitan karet. Ini sangat tidak tahan dan mengakibatkan bola harus diganti beberapa kali selama beberapa permainan. Bola ini adalah bola kulit asli terakhir yang akan digunakan di Piala Dunia.

5. Azteca (Meksiko, 1986)



Sebuah model baru benar-benar dikembangkan untuk Piala Dunia di Meksiko. The Azteca mexico adalah dijahit tangan-bola, dan untuk pertama kalinya, bahan sintetis, bukan kulit digunakan untuk memproduksinya. Bola terdiri dari polyurethane luar mengenakan mantel dan tiga lapisan bawah, yang saling melengkapi satu sama lain dengan mereka yang berbeda "Adicron" struktur. Ini dimaksudkan untuk memastikan perlawanan bola, kemampuan untuk mempertahankan bentuk dan sifat yang tahan air. Dengan pernah-sebelumnya-mencapai performa di tanah yang keras, di ketinggian, dan dalam kondisi basah, Azteca mewakili suatu lompatan besar bagi permainan. Desain dekorasi yang rumit diilhami oleh hosting asli bangsa Aztek arsitektur dan mural.

6. Etrusco (Italia, 1990)



Unico Etrusco yang adidas berevolusi penggunaan bahan sintetis yang lebih lanjut membuat bola sepenuhnya tahan air. Nama dan desain yang rumit mengambil inspirasi dari Italia yang indah, sejarah kuno dan kontribusi dan seni rupa dari Etruscans. Tiga kepala singa Etruscan menghias masing-masing dari 20 Tango triad.

7. Questra (Amerika Serikat, 1994)



Mengambil inspirasi teknologi luar angkasa, quest for the stars, bola yang digunakan dalam Piala Dunia 1994 di Amerika Serikat memperkenalkan standar baru dalam bola Piala Dunia. Terbuat dari bahan polystyrene, membuat Questra lebih tahan air dan mempunyai akselerasi lebih baik. Questra pun dipuji karena memudahkan pemain mengontrol bola.

8.Tricolore (Prancis, 1998)



Bola resmi Piala Dunia 1998 Perancis, mengambil inspirasi dari bendera tiga warna tuan rumah: biru, putih, merah. Tricolore dibuat dari lapisan-lapisan gabus sintesis di permukaan bola.

9. Fevernova (Korea-Jepang, 2002)



Fevernova dikeluarkan pada Piala Dunia 2002 di Korea Selatan dan Jepang; menjadi favorit para spesialis tendangan bebas, seperti David Beckham, Roberto Carlos, Zinedine Zidane, dan Ronaldinho. Ronaldinho menendang bola yang melengkung dan masuk gawang David Seaman ketika Brazil menundukkan Inggris 2-1 di perempat final.

10. Teamgeist (Jerman, 2006)



Pada Piala Dunia 2006 di Jerman, Adidas meluncurkan Teamgeist – artinya semangat tim; dibuat dari 14 panel yang direkatkan. Bola biasa umumnya dilapisi 32 panel berbentuk segi enam dan lima. Untuk menjaga bentuk, ketebalan kulit Teamgeist ditambah 0,9 milimeter menjadi 1,1 sentimeter. Selain itu, disisipkan busa polyurethane yang mengandung gas sehingga mudah kembali ke bentuk semula setelah ditendang. Oleh beberapa pemain, Teamgeist dianggap terlalu ringan sehingga sulit ditangkap penjaga gawang.


11. Jabulani (Afrika Selatan, 2010)



Jabulani diambil dari bahasa Zulu, yang digunakan 25 persen populasi penduduk Afrika Selatan. Artinya, merayakan atau membawa kebahagiaan. Sekilas Jabulani hanya berwarna putih, hitam, kuning. Namun, bila dilihat lebih cermat, bola itu ternyata terdiri atas 11 warna - sesuai dengan jumlah pemain satu tim sepakbola. Sebelas juga melambangkan jumlah bahasa dan komunitas suku di Afrika Selatan. Adidas menerapkan teknologi Grip 'n Groove yang membuat Jabulani stabil di udara. Bola dapat dikontrol dengan mudah di segala kondisi. Jabulani dibuat dengan delapan panel spesial dengan tiga dimensi yang dijahit menjadi satu. Bola ini digunakan pada Piala Dunia 2010.

Sumber : http://the-dot-blog.blogspot.com/2010/06/bola-yang-pernah-dipakai-saat-piala.html

Share

Related Post

Copyright 2011 Looking News - Template by Kautau Dot Com