Cara merawat baterai laptop agar tahan lama

Share

Kemampuan baterai laptop atau notebook akan selalu menurun seiring dengan berjalannya waktu, hal ini apakah anda menggunakanya atau tidak, namun baterai akan tetap menurun kadarnya. Biasanya baterai notebook atau laptop itu akan bertahan antara satu sampai dua tahun, namun jangan salah, kita juga bisa memperlambat penurunan kemapuan baterai tersebut.

Cara penggunaan baterai adalah : habiskan power yang tersisa pada notebook anda terlebih dahulu sampai muncul tanda critical battery alert dari windows anda, baru kemudian anda isi full kembali battery/baterai notebook anda.



Hindari terjadinya over charging baterai notebook anda, karena tidak semuanya notebook yang sudah terisi full baterai memunyai system auto cut untuk menghentikan atau mengalihkan arus penggunaan langsung ke pemakaian computer. Jika anda sedang bekerja di rumah atau dikantor dengan waktu yang cukup lama, sebaiknya tidak usah menggunakan baterai notebook, kalau anda menggunakan cara ini sebaiknya dalam rentang waktu 3 hari sekali anda harus mengisi baterai laptop anda, Misalnya: sudah 3 hari baterai laptop anda disimpan, lalu anda menggunakan baterai tersebut untuk notebook adna tanpa menggunakan charger, setelah critical battery dari windows, lalau isislah kembali baterai notebook anda atau laptop anda, setelah penuh simpan kembali. Pengunaan seperti ini akan memperkecil kemungkinan baterai notebook over charging dan mengurangi baterai di charge dan dipakai kembali (300-800 kali pakai),

Kemudian hal lain yang harus anda perhatikan adalah: hati-hati ketika mengeluarkan baterai, ikuti petunjuk untuk melepaskan baterai notebook anda, juga jangan sampai baterai anda jatuh, karena bisa menyebabkan komponen didalam akan rusak. Kalau anda ingina menyimpan baterai dalam waktu lama, usahakan untuk charge baterai penuh dahulu.

Share

Related Post

Copyright 2011 Looking News - Template by Kautau Dot Com