Gunung Es Itu Menjadi Monster

Share

Gunung Es Itu Menjadi Monster. Gunung es sebesar pulau terpecah saat mengapung kian dekat dengan Australia, dan menyebarkan ratusan bongkahan es yang lebih kecil di daerah sangat luas di samudra, kata beberapa ahli, Senin.

Gunung es seluas 140 kilometer persegi tersebut, yang dikenal dengan nama B17B, terlihat sekitar 1.700 kilometer di sebelah selatan-baratdaya pantai barat Australia pada 9 Desember, sehingga memicu kesiapan maritim bagi kapal di daerah itu.

Namun saat bergerak lebih jauh ke utara dan timur, gunung es tersebut menyusut jadi seluas 115 kilometer persegi, tapi masih tetap hebat dengan ukuran sekitar dua kali Manhattan.

"Sekarang banyak bongkahan es B17B yang lebih kecil, dengan ukuran panjang beberapa kilometer, dan tersebar di wilayah lebih dari 1.000 kilometer di samudra," kata ahli gletser Divisi Antartika Australia, Neal Young.

Young, yang telah melacak B17B dengan menggunakan citra satelit dari NASA dan Badan Antariksa Eropa, mengatakan, gunung es itu memiliki areal sekitar 400 kilometer dan 40 meter tinggi ketika pertama kali terpisah dari Antartika.

"Jika anda tidak mengetahui gambar awalnya, anda masih akan mengatakan itu adalah monster," kata Young kepada AFP.

Young mengatakan, ia menduga B17B akan sepenuhnya mencair tapi tak dapat meramalkan kapan itu akan terjadi.

"Mungkin dalam dua pekan, mungkin beberapa pekan. Yang penting saat ini ialah gunung es tersebut bertambah tipis," katanya.

"Gunung es itu `menjejakkan kakinya` di tempat yang dikiranya adalah air hangat --dengan temperatur sekitar delapan derajat celsius-- kami kira itu adalah keadaan yang sangat dingin, tapi buat satu gunung es itu ternyata sangat hangat," katanya.

Gunung es tersebut, yang terpisah dari ujung timur Beting Es Ross hampir 10 tahun lalu, diperkirakan akan terus mengapung ke arah lebih ke timur lagi.

Pemerintah Australia pekan lalu mengeluarkan peringatan siaga pelayaran sehubungan dengan kemungkinan bahaya dari kumpulan gunung es itu. ( antara.co.id )

Dari:http://beritatekhnologi.blogspot.com/2009/12/gunung-es-itu-menjadi-monster.html

Share

Related Post

Copyright 2011 Looking News - Template by Kautau Dot Com